PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER LUBANG TERHADAP DAYA DUKUNG TIANG BOR: STUDI KASUS PROYEK JEMBATAN PULAU BALANG - BALIKPAPAN INDONESIA

  • Muhammad An Al Mawarji
  • Yulian Firmana Arifin Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur, Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: diameter, bored pile, Volume of Concrete, Carrying Capacity, Osterberg Cell Test

Abstract

Jembatan Pulau Balang dibangun melintasi teluk Balikpapan menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kotamadya Balikpapan. Bangunan atas Jembatan Pulau Balang adalah cable stayed yang disokong oleh 2 buah pylon. Struktur bawah dari Pylon disokong oleh kelompok bored  pile dimana pada saat pengecoran ditemukan volume aktual beton lebih besar dari volume rencana pile. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan dimensi lubang bor dan daya dukung bored pile karena perubahan dimensi lubang bor tersebut. Analisis dilakukan dengan membandingkan daya dukung rencana, daya dukung aktual, dan daya dukung yang didapat dari pengujian beban bi-aksial Osterberg Cell Test. Dari perhitungan daya dukung menggunakan persamaan daya dukung selimut daya dukung ujung dan pengujian daya dukung berdasarkan OC Test didapatkan daya dukung aktual lebih dari daya dukung rencana, dan lebih dari daya dukung hasil pengujian lapangan. Didapatkan juga perbedaan diameter aktual lubang bor tidak berhubungan dengan jenis lapisan tanah yang ada. Besarnya kenaikan daya dukung hasil OC test terhadap 2xQizin tidak sebanding dengan kenaikan akibat pembesaran diameter tiang. Sehingga kenaikan besarnya hasil OC test dapat disebabkan oleh pembesaran diameter atau bersama-sama dengan faktor lain.

Published
2020-07-24