STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI ASPEK DESAIN DAN SARANA INFRASTRUKTUR PERUMAHAN DI KALIMANTAN SELATAN

  • Fitri Ardhanareswari

Abstract

Sektor properti perumahan di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu sektor andalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Sektor ini sekarang memiliki tantangan cukup berat, mengingat perekonomian global sekarang sedang melesu yang berdampak pada meningkatnya biaya proses produksi infrastruktur serta menurunnya likuiditas perbankan yakni sulitnya memperoleh kredit, termasuk permodalan dan penjaminan. Lebih lanjut beberapa proyek perumahan di Kalimantan Selatan belum memperhatikan standart baku yang ditetapkan. Hal ini diketahui dari beberapa keluhan konsumen yang tidak ditanggapi oleh pengembang, keluhan-keluhan tersebut seperti desain konstruksi rumah dan penyediaan sarana infrastruktur yang dijanjikan. Penelitian ini mengukur seberapa erat hubungan desain konstruksi perumahan dan penyediaan sarana infrastruktur perumahan terhadap tingkat kepuasan konsumen perumahan di Provinsi Kalimantan Selatan.
Penelitian menggunakan sampel data primer yang dikumpulkan langsung dari konsumen perumahan di Provinsi Kalimantan Selatan dengan melakukan survey. Variabel penelitian meliputi faktor kepuasan konsumen perumahan (Y) yang diukur dengan 5 indikator, faktor desain konstruksi perumahan (X) yang diukur dengan delapan indikator dan faktor sarana infrastruktur perumahan (Z) yang diukur dengan lima indikator. Metode analisa data menggunakan metode deskriptif statistik dan metode structural equation modelling (SEM).
Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor desain konstruksi perumahan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen perumahan, sedangkan faktor sarana infrastruktur perumahan yang ada saat ini, tidak memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen perumahan di Provinsi Kalimantan Selatan. Lebih lanjut disimpulkan lima indikator dari faktor kepuasan konsumen (Y) hanya indikator harga produk yang signifikan berkontribusi, selanjutnya delapan indikator dari faktor desain konstruksi perumahan (X) disimpulkan lima indikator yang signifikan berkontribusi yakni aspek biaya dan waktu pelaksanaan pekerjaan, aspek keadaan tanah pondasi, aspek keadaan lingkungan disekitarnya, aspek batasan akibat struktur diatasnya dan aspek perawatan gedung rumah. Sedangkan lima indikator dari faktor sarana infarastruktur perumahan (Z) disimpulkan tiga indikator yang signifikan berkontribusi yakni sarana fasilitas jalan, sarana fasilitas sosial dan sarana fasilitas lingkungan perumahan.

Published
2016-04-01
Section
Articles