PERFORMANCE IMPROVEMENT STRATEGY NON-TRADITIONAL MARKETS

  • Yerikho Yulianus hasayangan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Barito Timur

Abstract

Bangunan Pasar Temanggoeng Djaja Karti (PTDK) merupakan salah satu aset yang mencirikan kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sekaligus sangat diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pemasukan asli daerah (PAD) di Kabupaten Barito Timur. Untuk itu dibutuhkan pengukuran kinerja aset bangunan untuk menentukan strategi peningkatan kinerja PTDK di Kota Tamiang Layang sehingga bisa berkontribusi maksimal untuk PAD Pemerintah Kabupaten Barito Timur.
Untuk dapat mencapai tujuan dari penelitian ini, maka pembuatan kerangka kerja dilakukan dengan pendekatan menggunakan metode Building Asset Performance Framework (BAPF). Metode ini melakukan pendekatan sistematis dan konsistensi untuk mengelola kinerja aset bangunan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan memberikan enam performance area untuk menilai kinerja bangunan, yaitu kelayakan, aspek keuangan, kepatuhan terhadap hukum, efektifitas penggunaan, dampak lingkungan, dan pengaruh sosial. Langkah selanjutnya adalah menterjemahkan hasil dari metode BAPF untuk membuat rencana strategi peningkatan kinerja PTDK dengan menggunakan analisis SWOT.
Selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk menentukan rencana strategi berdasarkan faktor internal dan eksternal dari metode BAPF, didapatkan enam strategi untuk peningkatan kinerja PTDK, yaitu strategi teknologi, strategi sumber daya manusia, strategi keuangan, strategi pengadaan barang dan jasa, strategi operasi dan pemeliharaan, dan strategi pemasaran.

Published
2016-04-01
Section
Articles