ANALISIS SISTEM PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KOTA PALANGKA RAYA

  • Topan Eka Putra Universitas Palangkaraya

Abstract

Kebutuhan akan tempat tinggal di Kota Palangkaraya semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari pengajuan kredit perumahan yang semakin meningkat. Penelitian ini akan mengkaji penerapan prosedur pelaksanaan pembangunan perumahan guna menghasilkan produk perumahan yang nantinya sampai ditangan konsumen merupakan produk yang berkualitas di wilayah Kota Palangka Raya. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah deskripsi prosedur pelaksanaan pembangunan perumahan yang berkualitas yang sesuai dan dapat diaplikasikan berdasarkan kondisi sumber daya yang ada di Kota Palangka Raya.

Wilayah yang diteliti adalah populasi perumahan kelas menengah, dalam hal ini berupa konsumen dan pihak pengembang perumahan di Kota Palangka Raya, yang akan diwawancara dan mengisi kuesioner yang dibuat, selanjutnya dibuat kesimpulan setelah mendapatkan data-data yang diinginkan. Menurut hasil kuesioner dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembang belum/tidak memberikan kualitas pelayanan yang baik, sementara konsumen pembeli perumahan tidak mendapatkan kualitas perumahan yang mereka inginkan.

Hasil penelitian ini adalah untuk mendapatkan rumah yang berkualitas dan cocok di Kota Palangka Raya. Berdasarkan hasil validasi teoritik dalam hal ini dengan tenaga ahli/pakar dari kuesioner yang telah dianalisis maka didapatkan nilai validitas yaitu 88 yang berada pada kategori valid. Artinya prosedur pelaksanaan pembangunan perumahan ini dapat digunakan sebagai standar konsep prosedur pembangunan perumahan type 36 yang cocok di Palangka Raya. Adanya prosedur ini mampu meningkatkan kualitas perumahan yang ada di Kota Palangka Raya dalam hal ini struktur bangunan lebih kuat dan tidak mudah retak.

Published
2017-04-03